Minggu, 24 Juli 2011

5 danau terdalam

Ada danau terbesar ada pula danau terdalam. Dalam tulisan kali ini akan memaparkan Keberadaan danau terdalam yang ada di belahan dunia. Keberadaannya ada yang mencapai hingga  setengah kilometer lebih. Berikut ini adalah 5 danau terdalam yang ada di dunia:

1. Danau Baikal (Kedalaman 758 m)
Danau Baikal adalah danau terdalam, tertua di dunia dan terbanyak (volume) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar “Bai-Kul” – “danau kaya”. Dia juga dikenal dengan “Mata Biru Siberia”. Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau “Laut suci”. Luas permukaan 31,494 km2 (19,569 mi²) Kedalaman rata-rata 758 meter (2,487 kaki).

Danau Baikal (Sumber: Topbesttraveldestinations)

2. Danau Tanganyika (Kedalaman 1,470 m)
Danau ini berada di Western Rift di daerah Great Rift Valley dan dilingkupi oleh dinding pegunungan dari ngarai tersebut. Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor dua terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar. Panjangnya membentang sekitar 673 km pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 km. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 km², dengan panjang garis tepi sebesar 1,828km serta kedalaman rata-rata 570 m dengan kedalaman maksimum 1,470 m (di cekungan paling utara) menyimpan cadangan air dengan volume perkiraan sebesar 18,900 km³. Suhu di permukaannya sekitar 25 °C dan mempunyai pH rata-rata 8.4.
Letaknya yang di daerah tropis dan kedalamannya yang sangat besar mencegah terjadinya ‘turnover’ dari massa air, sehingga air yang berada di bagian dalam menjadi apa yang dikenal sebagai ‘air fosil’ dan bersifat anoksik (kurang oksigen). Areal tangkapan danau sebesar 231,000 km², dengan dua sungai utama yang mengalir menuju danau dan beberapa sungai-sungai dan aliran yang lebih kecil dan satu aliran keluar yang utama yaitu Sungai Lukuga. Sumber air utama berasal dari Sungai Ruzizi, masuk di sebelah utara melalui Danau Kivu, dan Sungai Malagarasi, yang merupakan sungai terbesar kedua di Tanzania, masuk melalui sisi timur Danau Tanganyika. Danau ini terletak di kawasan 4 negara – Burundi, Republik Demokratik Kongo (DRC), Tanzania dan Zambia, dengan pembagian wilayah untuk DRC (45%) dan Tanzania (41%) yang merupakan bagian terbesar dari wilayah danau ini. Danau ini dihuni sekitar 300 spesies ikan cichlid dan 150 spesies non-cichlid, yang sebagian besar hidup di daerah zona benthic (di dekat dasar danau). Biomassa ikan terbesar berada di zona pelagic (air terbuka) dan didominasi oleh enam spesies – dua spesies “Tanganyika sardine” dan empat spesies predator Lates.

Danau Tanganyika (Sumber: Hotelsafarigate)

3. Danau Kaspia (Kedalaman 995 m)
Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar. Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan, Kalmykia, Oblast Astrakhan), Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan “steppe” Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah “embayment” besar, Kara Bogaz Gol. Laut ini dihubungkan dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.
Dalam Laut Kaspia terdapat banyak sturgeon, yang melahirkan telur yang diproses menjadi kaviar. Namun, pengambilan ikan berlebihan telah mengancam populasi sturgeon ke titik yang membuat para advokat Lingkungan melarang pengambilan sturgeon seluruhnya sampai populasi mereka kembali. Daerah ini kaya akan energi. Dan juga ladang minyak yang belakangan ini ditemukan, bukti persediaan gas alam, meskipun eksplorasi masih dibutuhkan untuk menjelaskan potensi penuhnya.

Danau Kaspia (Sumber: 4.bp.blogspot)

4. Danau Malawi (Kedalaman 706 m)
Danau Malawi adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Danau ini adalah danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Danau ini juga merupakan danau terdalam kedua di Afrika, namun sifat tenang di pantai utara tidak memberikan tanda-tanda kedalamannya. Danau yang besar ini dilaporkan perairan tropis merupakan habitat lebih spesies ikan dari danau lain di Bumi.
Danau Malawi atau Danau Nyaza adalah danau yang memiliki panjang antara 560 dan 580 kilometer, dan lebarnya adalah sekitar 75 kilometer. Luas permukaan total danau ini adalah sekitar 29.600 kilometer persegi dari garis pantai danau di barat Mozambik, Malawi timur, dan selatan Tanzania. Sungai terbesar yang mengalir ke danau ini adalah Sungai Ruhuhu. Danau air tawar besar ini memiliki aliran keluar utama, yakni Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi. Danau Malawi terletak di Great Rift Valley yang dibentuk oleh pembukaan lembah Afrika Timur, di mana lempeng tektonik Afrika sedang terbagi menjadi dua bagian. Hal ini disebut lempeng tektonik divergen batas. Danau Malawi atau Nyaza itu sendiri terbentuk sekitar 40.000 tahun atau sekitar satu-dua juta tahun.

Danau Malawi (Sumber: i1.trekearth)

5. Danau Issyk Kul (Kedalaman 702 m)
Issyk Kul (terletak di 42°30′ LU 77°30′ BT) adalah danau endorheic di pegunungan Tian Shan, di timur laut Kirgizia. Panjangnya 182 km, lebarnya hingga 60 km, dan luasnya 6.332 km². Berarti danau ini adalah danau terbesar kedua di dunia yang terletak di gunung setelah Danau Titicaca. Danau ini terletak pada ketinggian 1.620 m, dan dalamnya hingga 702 m. Air danau ini agak bergaram dan pada musim dingin tetap bebas dari es. Air danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair, namun ia tidak mempunyai penyaluran. Pantai selatannya didominasi oleh pegunungan Tian Shan yang indah. (**)

Danau Issyk Kul (Sumber: ih1.redbubble)

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis yang seperlunya!

shAre

Entri Populer