Sabtu, 27 Agustus 2011

5 Pemain Lama Skuter Klasik Dunia

Sepeda motor jenis skuter menjadi sangat popular ketika memasuki pertengahan abad 20. Mungkin tampilannya yang clean, dengan fender muka yang senantiasa melindungi uniform si pemakai.  Tidak hanya pria, tapi kaum hawa juga menggandrungi motor yang satu ini. Berikut 5 pemain lama lama sepeda motor yang sempat memproduksi skuter sebagai andalannya:


1. Piatti  Cyclemaster
Meskipun namanya berbau Italia, namun sebenarnya Piatti adalah skuter dari Belgia yang kemudian menjadi industri otomotif Inggris. Awalnya diproduksi pada tahun 1954 di Belgia oleh D’Ieteren. Namanya berasal dari perancangnya, Vincent Piatti. Pada tahun 1956, produksi dimulai pada Cyclemaster di Byfleet, Surrey, Inggris. Namun, meningkatnya ketersediaan mobil kecil yang terjangkau di Eropa mempengaruhi penjualan Piatti (dan skuter lainnya) yang berimbas dengan berhenti produksi.

Piatti Cyclemaster (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

2. Harley Davidson Topper
Topper adalah motor skuter satu-satunya yang diproduksi pabrikan Harley-Davidson. Topper memiliki transmisi continuously variable, seperti skuter paling modern. Mesinnya 165 cc silinder tunggal dua-stroke engine yang membutuhkan campuran bensin+minyak pelumas. Tidak seperti kebanyakan skuter dengan mesin tertutup, mesin Topper tidak memiliki kipas pendingin. Body depan, fender depan dan lantai dari Topper terbuat dari plat baja.

Harley Davidson Topper (sumber: wordpress.com,uniknya.com)

3. Mitsubishi Silver Pigeon
Mitsubishi Silver Pigeon adalah serangkaian skuter buatan Mitsubishi Jepang antara tahun 1946-1963. Yang pertama adalah seri C-10 Silver Pigeon yang terbukti cukup berhasil di produksi selama hampir dua puluh tahun. Produksi terakhir pada tahun 1963 dengan lebih dari 463.000 unit skuter telah diproduksi. Seri lain pada C-200 pada 1960 menjadi model yang paling populer, dengan hampir 38.000 unit penjualan.

Mitsubishi Silver Pigeon (Sumber: maxmatic.com,uniknya.com)

4. Triumph Tigress/BSA Sunbeam
The Triumph Tigress atau juga dijual sebagai BSA Sunbeam, adalah sebuah skuter yang dirancang untuk memiliki kinerja yang baik bagi penggemar sepeda motor. Masuknya kelompok BSA ke bidang skuter diumumkan oleh Edward Turner pada bulan Oktober 1958. Model 250cc yang di release memiliki kecepatan jelajah 55-60 mph dan konsumsi bensin 120 m.p.g. Industri dimulai pada akhir 1959, tetapi kesulitan pengiriman diakui karena masalah dengan merekrut tenaga kerja, meskipun mengklaim bahwa kelompok tersebut memiliki kapasitas produksi 50.000 mesin per tahun.

Triumph Tigress/BSA Sunbeam (sumber: fedrotriple.it,uniknya.com)

5. Laverda
Melihat peluang, pabrikan Laverda memutuskan untuk memproduksi skuter mini yang inovatif dengan 4-stroke engine 49cc. Idenya adalah sama seperti dengan Laverdinos untuk memproduksi sebuah model untuk distribusi massal. Kapasitas mesin kecil 48,9 cc, dengan pengukuran bore dan stroke 40x39mm. Rincian lainnya pengapian magneto, dengan kapasitas  tangki yang muat hingga satu galon tepat di bawah kursi, karburator kecil Dell’Orto SH, kursi tunggal berukuran 2.75x9in. Kecepatan tertinggi konon dapat lebih dari 40 km / jam. (**)
Laverda (sumber: laverdino.de,uniknya.com)

3 komentar:

  1. Wow keren bisa jadi barang Item kolektor tuh.

    BalasHapus
  2. Nomor satu tetap juga skuter vespa.

    BalasHapus
  3. kalau itu saya nokomen deh gan. nanti saya dimarahin sama salah satu fanbase dari skuter yang saya sebutin.

    BalasHapus

tulis yang seperlunya!

shAre

Entri Populer