Minggu, 01 April 2012

Nokia-Microsoft Siapkan Tablet Berbasis Windows 8

Hubungan dekat antara Nokia dan Microsoft tampaknya akan berlangsung semakin mesra dalam jangka waktu yang lama. Setelah sukses berkolaborasi pada proyek Nokia Lumia Series yang mengusung Windows Phone Mango, kini kedua perusahaan raksasa tersebut kembali berkolaborasi dalam proyek pengembangan perangkat tablet. Tablet Nokia tersebut akan menggandeng Windows 8 sebagai platform utama.
Tablet Nokia Windows 8 ini awalnya dijadwalkan akan rilis pada Juni 2012 mendatang sebagai reaksi Nokia dalam merespon hadirnya perangkat tablet keluaran Apple, The New iPad. Namun, karena satu dan lain hal yang tidak diungkapkan secara jelas oleh pihak Nokia dan Microsoft, rencana rilis tablet anyar hasil kolaborasi kedua perusahaan tersebut harus dimundurkan hingga paling cepat pada akhir tahun 2012. Merebaknya pembicaraan mengenai pengembangan tablet Nokia Windows 8 ini sontak diprediksi para pengamat akan semakin memanaskan kompetisi di segmen tablet yang praktis selama ini dikuasai oleh tablet-tablet berbasis Android dan perangkat tablet milik Apple, iPad.
Dilansir Digitimes, tablet Nokia Windows 8 ini disebut-sebut akan hadir dalam format tampilan layar sebesar 10 inci. Dengan dukungan penuh Microsoft melalui Windows 8 pada sektor sistem operasi, tablet ini pun direncanakan akan mengusung prosesor ARM dual coreproduksi Qualcomm. Adapun mengenai varian Windows 8 yang akan disertakan pada tablet ini, Microsoft hanya akan menyertakan versi Windows 8 ARM Edition.
Tak hanya berduet dengan Microsoft, Nokia pun turut menggandeng Compal Electronics dalam proses manufakturisasi tablet anyar ini.
Nokia dan Microsoft menaruh ekspektasi besar terhadap hadirnya tablet ini sebagai pemain baru di segmen pasar perangkat tablet. Dengan kolaborasi optimal kedua raksasa tersebut, banyak pihak percaya bahwa tablet Nokia Windows 8 akan menawarkan sesuatu yang berbeda pada para pengguna tablet sekaligus berpotensi menjadi ancaman serius bagi vendor-vendor produsen tablet yang telah bermain di segmen tersebut terlebih dahulu. Sebagai wujud optimisme Nokia dan Microsoft, kedua perusahaan tersebut dikabarkan akan langsung memproduksi 200.000 unit tablet Nokia Windows 8 pada tahap produksi awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis yang seperlunya!

shAre

Entri Populer