Revolusi teknologi memang tiada
habisnya. Dari gunung hingga laut, di tembus dan dilewati oleh manusia
dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan membuat suatu
jalur terowongan yang menghubungkan daerah satu, dengan daerah lainnya.
Di bawah ini, beberapa terowongan sengaja dibuat dan diperuntukan bagi
jalur kereta api cepat yang memiliki panjang menakjubkan. Simak ulasan
terowongan-terowongan kereta api terpanjang berikut:
1. Terowongan Seikan Tonneru (Panjang 53,9 km)
2. Terowongan Channel (Panjang 50 km)
3. Terowongan Lotschberg Base (Panjang 34,57 km)
4. Terowongan Guadarrama (Panjang 28,4 km)
5. Terowongan Taihang (Panjang 27,9 km)
1. Terowongan Seikan Tonneru (Panjang 53,9 km)
Terowongan Seikan Tonneru atau Seikan
Zuido adalah terowongan rel sepanjang 53,85 kilometer di Jepang, yang
mana 23,3 km-nya terbenam di bawah dasar laut. Seikan Tonneru melintas
di bawah Selat Tsugaru menghubungkan Aomori Prefecture di pulau Honshu,
Jepang dan pulau Hokkaido, sebagai bagian dari Kaikyo Line, Perusahaan
Kereta Api Hokkaido. Seikan adalah terowongan terpanjang dan terdalam
yang diperuntukan bagi operasional kereta api di dunia, sampai
Terowongan Gotthard Base di Swiss dibuka dan menjadi yang terpanjang
pada tahun 2016 nanti.
2. Terowongan Channel (Panjang 50 km)
Terowongan Channel adalah sebuah
terowongan rel sepanjang 50 km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat
Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di Britania Raya, dan
Coquelles dekat Calais di utara Perancis. Proyek berbiaya besar ini
awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun
pada 1994. Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua
di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini
dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel – dimana Chunnel adalah
kependekan dari The Channel Tunnel.
3. Terowongan Lotschberg Base (Panjang 34,57 km)
Terowongan Lotschberg Base adalah
terowongan kereta api sepanjang 34,57 km yang memotong melalui
Pegunungan Alpen Swiss sekitar 400 m di bawah Terowongan Lotschberg yang
sudah ada. Terowongan ini menghubungkan antara Frutigen, Berne dan
Raron, Valais. Terobosan ini dilakukan pada April 2005 dan konstruksi
berakhir pada tahun 2006. Upacara pembukaan pada bulan Juni 2007, dan
operasi skala penuh dimulai pada bulan Desember 2007. Dibangun untuk
mengurangi lalu lintas truk di jalanan Swiss, Jerman hingga Itali. Hal
ini juga menghemat waktu perjalanan bagi wisatawan Jerman akan tujuan
resor ski di Swiss dan mengurangi waktu perjalanan sebesar 50%. Total
biaya pembangunan sebesar SFr 4,3 miliar. Terowongan ini dan Terowongan
Gotthard Base adalah bagian dari inisiatif AlpTransit Swiss.
4. Terowongan Guadarrama (Panjang 28,4 km)
Terowongan Guadarrama adalah terowongan
kereta api di Sierra de Guadarrama, rute kecepatan tinggi sepanjang
Madrid-Valladolid di Spanyol. Terowongan ini memiliki dua tabung. Tabung
barat panjangnya 28.407 m dan tabung timur panjangnya 28.418 m, dan
merupakan terowongan terpanjang di Spanyol Terowongan dibuka untuk lalu
lintas kereta pada bulan Desember 2007. Terowongan ini digunakan oleh
kereta api berkecepatan tinggi AVE.
5. Terowongan Taihang (Panjang 27,9 km)
Terowongan Taihang saat ini adalah
terowongan kereta api terpanjang yang menembus gunung di Cina. Taihang
adalah terowongan jalur ganda, dan dibangun untuk jalur Kereta Api
Penumpang Shitai menyeberangi Pegunungan Taihang. Jalur kiri memiliki
panjang 27.839 meter dan jalur kanan adalah 27.848 meter. Terowongan itu
selesai pada 22 Desember 2007. Taihang dilewati Kereta Api Penumpang
Shitai kecepatan tinggi yang menghubungkan Shijiazhuang, ibukota
provinsi Hebei, dan Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi. Setelah pembukaan
Terowongan Taihang dan penyelesaian kereta api berkecepatan tinggi,
waktu perjalanan dengan dari Shijiazhuang ke Taiyuan turun dari enam jam
menjadi hanya satu jam. (**)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tulis yang seperlunya!